Welcome To SMK TI PEMBANGUNAN
Sebelum Masuk Forum , Log in terlebih dahulu
Pencarian
 
 

Display results as :
 


Rechercher Advanced Search

translator

User Yang Sedang Online
Total 1 user online :: 0 Terdaftar, 0 Tersembunyi dan 1 Tamu

Tidak ada

User online terbanyak adalah 224 pada Sat Aug 21, 2010 12:24 pm

Whay It Is Hilal ??

Topik sebelumnya Topik selanjutnya Go down

Whay It Is Hilal ??

Post by mod|Pro*|AdeTea on Sun Sep 20, 2009 5:58 pm

Hilal adalah penampakan bulan yang paling awal terlihat menghadap bumi setelah bulan mengalami konjungsi/ijtimak.
Bulan awal ini (bulan sabit tentunya) akan tampak di ufuk barat (maghrib) saat matahari terbenam.

Ijtimak/konjungsi adalah peristiwa yang terjadi saat jarak sudut (elongasi) suatu benda dengan benda lainnya sama dengan nol derajat.
Dalam pendekatan astronomi, konjungsi merupakan peristiwa saat matahari dan bulan berada segaris di bidang ekliptika yang sama. Pada saat tertentu, konjungsi ini dapat menyebabkan terjadinya gerhana matahari.

Hilal merupakan kriteria suatu awal bulan. Seperti kita ketahui, dalam Kalender Hijriyah, sebuah hari diawali sejak terbenamnya matahari waktu setempat, dan penentuan awal bulan (kalender) tergantung pada penampakan hilal/bulan. Karena itu, satu bulan kalender Hijriyah dapat berumur 29 hari atau 30 hari.

“Mereka bertanya kepadamu tentang hilal. Katakanlah: “Hilal itu adalah tanda-tanda waktu bagi manusia dan (bagi ibadat) haji…” [Al Baqoroh(2):189]

1. Hisab Untuk melakukannya, saya menggunakan software Stellarium (thx to Jay).Kondisi tanggal 29 Sya’ban 1428 H (12 September 2007M)

Dapat dilihat di ufuk barat, menjelang matahari terbenam, posisi hilal sudah tinggi menandakan masuknya bulan baru (Ramadhan).

Kondisi tanggal 29 Ramadhan 1428 H (11 Oktober 2007M):

2.metode rukyat, bulan baru dianggap sudah masuk apabila si bulan baru sudah terlihat di horizon. bulan baru ini jangan dibayangkan akan nampak dengan jelas, karena hanya nampak seperti garis saja. sehingga kalau terlambat sebentar saja, dan posisi bulannya tidak tahu pastinya ada di sudut mana, maka kita akan kesulitan untuk melihatnya

pada gambar terlihat pada pukul 18:36 bulan sudah terbenam. artinya kita hanya berkesempatan untuk melihat hilal selama sekitar 30 menit sejak matahari terbenam. jika dalam 30 menit tsb cuaca tidak mendukung, awan masih bergelayutan di ufuk barat, dan gangguan-gangguan lainnya, maka kita akan kesulitan melihat hilal.

semoga untuk ke depan, metoda hisab dan rukyat bisa saling melengkapi. rukyat dilakukan dengan panduan hisab, dan hisab dibuktikan dengan rukyat.
SELAMAT HARI RAYA IDUL FITRI 1430H MOHON MAFF LAHIR DAN BATIN

mod|Pro*|AdeTea
General
General

Zodiac : Capricorn Jumlah posting : 40
Join date : 24.07.09
Age : 23
Lokasi : Cimahi City

Kembali Ke Atas Go down

Topik sebelumnya Topik selanjutnya Kembali Ke Atas


 
Permissions in this forum:
Anda tidak dapat menjawab topik